Berjualan Produk di Marketplace Nasional Semakin Diminati Masyarakat Indonedia

Perkembangan yang begitu pesat teknologi internet dan ponsel pintar (smartphone) dan komputer saat ini mendongkrak menjadikan semakin pesatnya budaya jual beli aneka produk online di Indonesia memalui marketplace nasional seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll. yang menawarkan berbagai fasilitas menarik kepada para pengikutnya baik yang berstatus buyer maupun seller, seperti program ongkir gratis, jaminan keamanan berbelanja dan berjualan, dll.

Masyarakat Indonesia untuk berbelanja berbagai produk melalui marketplace sudah mulai membudaya karena ada jaminan belanja aman dan terpercaya. Jaminan tersebut tentunya hanya dimiliki oleh marketplace nasional yang sudah  populer dan terbukti seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dll. Oleh karena itu tidaklah heran kalau Anda lihat perkembangan aktivitas agen kurir saat ini seperti JNE, TIKI, Wahana, Pos Indonesia, J&T dll. setiap hari sibuk melayani pengiriman paket yang sebagian besar bisnis online, terelebih setiap tahun yang biasanya 3 bulan menjelang bulan puasa, itu sudah dapat dijadikan bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai menyukai belanja online.


Mengapa mereka mulai menyukai berbelanja online?

  1. Orang-orang sibuk dengan berbagai aktivitasnya, mereka lebih suka berbelanja online.
  2. Semua produk apa saja yang diperlukan tersedia dijual online.
  3. Harga sangat bersaing dan dapat dengan mudah mencari barang termurah dengan kualitas sama.

Dengan semakin baiknya sistem jual beli online yang dilakukan dan dikendalikan dikendalikan oleh marketplace, maka tidaklah heran kalau budaya berbelanja online dari tahun ke tahun akan semakin meningkat dan menggeser belanja offline seperti yang telah terjadi di negara-negara maju.

Dengan semaik meningkatnya budaya belanja online bagi masyarakat Indonesia maka tentunya  pasar online akan semakin besar pula, dan kesempatan ini merupakan peluang baik serta angin segar bagi para pelaku bisnis online untuk memanfaatkan peluang keberadaan marketplace nasional untuk ikutan berjualan produk didalamnya. Dan kenyataan sudah membuktikan bahwa ribuan bahkan ratusan ribu pelaku bisnis mulai dari pebisnis perorangan, kelas kecil, menengah, dan besar sudah bergabung ke dalam marketplace nasional.

Tidak semua marketplace nasional bisa dengan mudah untuk dapat kita  ikut berjualan di dalamnya. Setiap marketplace mempunyai aturan masing-masing atau syarat dan layanan yang berbeda.

Bagi kita-kita yang perorangan modal kecil dengan berjualan produk tanpa merek hanya bisa kita dapatkan di marketplace yang menyediakan fasilitas gratis, diantaranya yang saya tau yaitu Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak..sedangkan marketplace lainnya seperti Lazada, MatahariMall, Bilbli, dan masih banyak lagi yang lainnya mengharuskan persyaratan cukup berat.

Tapi, bagi kita sebagai perorangan yang hanya memiliki modal kecil jangan berkecil hati, sebab ada marketplace yang mau menerima keberadaan kita, diantaranya Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Pilih saja salah satu yang paling sreg untuk kita ikuti. Caranya pelajari diantara ketiganya yang paling mudah, paling diminati pembeli dll. Kalau sudah ada pilihan buatlah akun dengan cara registrasi untuk bergabung. Akun yang sudah kita miliki berlaku untuk sebagai pembeli (buyer) dan sebagai penjual (seller), sebab dalam kenyataannya walaupun kita sebagai penjual kadang-kadang berbelanja di toko sebelah.

Sebelum kita memutuskan untuk ikut berjualan, sebaiknya beberapa kali wajib untuk bertindak sebagai pembeli (buyer). Kenali dan fahami cara-cara menjadi pembeli agar ketika kita nanti menjadi penjual dapat memahami tahapan-berbelanja, sehingga nanti kita dapat melayani pembeli dengan baik, ramah tamah, tidak egois, serta dapat memberi tahu calon konsumen pemula yang belum tau cara berbelanja di marketplace yang Anda ikuti.

Oleh karena berjualan produk di Marketplace Nasional semakin diminati masyarakat Indonedia, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai saat ini mulai mencari tahu tentang marketplace nasional yang sudah saya sampaikan. Benarkah melalui marketplace kita dapat meraup keuntungan? Silahkan dipelajari dan dicoba...!

Sebagai motivasi buat Anda (sama sekali bukan saya sombong), saya sudah jalan 3 tahun buka olshop di Tokopedia dan Shopee (Kios Mukena Umi), Alhamdulillah saya jualan produk mukena sudah mencapai penjualan rata-rata 3.000 sd. 4.000 pcs setiap tahunnya.

Apapun yang akan anda jual sama saja, yang penting produknya diperlukan orang, kualitasnya baik, harganya bersaing, layanannya memuaskan konsumen, dan barangnya selalu ready stock. Modal tentunya bisa mulai dari kecil-kecilan dulu. Selamat mencoba berjualan di marketplace Indonesia smoga sukses!!


Iklan Google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mukena Bali Ukuran Semi Jumbo Motif Terbaru Bulan Agustus 2017 - Kios Mukena Umi Tokopedia

Kios Mukena Umi Tokopedia - Toko Mukena Online Harga Terjangkau

Berjualan Mukena Online tanpa Modal di Kios Mukena Umi Tokopedia